Pertanyaan di atas terbesit ketika saya baca social media salah satu teman yang tag berita kurang enak nya pasca acara Hellprint Monster Tour digelar minggu lalu di kota Bandung. Dari artikel yang saya di tag dan saya baca, acara yang mendatangkan raksasa Dying Fetus itu lumayan menyedot penonton. Tapi acara HellPrint memang saya akui acara besar yang selalu sukses menyedot penonton, selain HammerSonic di Indonesia. Tiket yang relatif terjangkau dengan suguhan band yang banyak dan keren, tidak bisa dipungkiri acara tersebut banyak dikunjungi penonton. Saya memang tidak hadir langsung di acara tersebut, jadi saya tidak akan bahas Hellprint secara khusus, karena saya sendiri hanya lihat di social media.

Event Organizer acara sebesar Hellprint atau pun Hammersonic/Sonic Fair pastinya sudah sangat pengalaman, karena mereka bukan cuma sekali menggelar event ini. Tapi kenapa masih banyak hal -hal yang seharusnya tidak perlu terjadi tapi harus terjadi berulang ulang, seperti halnya kejadian di HellPrint minggu lalu, dimana banyak line up yang gagal tampil akibat acara dibubarkan karena waktu sewa tempat telah habis.

Banyak aspek yang perlu digaris bawahi pasca kejadian ini, salah satu nya rundown acara. Ini adalah salah satu “PE ER” buat Event Organizer Metal yang menggelar acara, khususnya acara festival yang melibatkan banyak band. Selain itu sebagai “Band” yang profesional sudah dikontrak di suatu acara, adalah kewajiban mereka untuk siap tampil minimal 1 jam sebelum jadwal. Penting nya peran manager panggung dan LO disini yang bertanggung jawab atas rundown suatu event.

Selain rundown acara, alangkah baik nya EO juga memperhitungkan lamanya waktu acara dengan waktu sewa tempat dan jumlah band yang tampil harus diperhitungkan secara presisi mengingat budaya jam karet masih sangat melekat dengan Indonesia, alangkah baik nya EO bisa memperhitungkan “spare time” sehingga event masih punya ruang jika ada keterlambatan yang tidak bisa dihindari.

Tapi terlepas dari hal hal diatas, saya salut dan bangga banyak EO lokal yang bisa menggelar acara acara konser metal dengan profesional. ┬áTidak ada yang sempurna di setiap pagelaran event metal, tapi kesalahan yang terjadi diharapakan bisa diperbaiki di event selanjut nya. Setiap elemen memiliki peran penting dalam mensukseskan sebuah event metal, so as penonton kita harus bisa menyikapi setiap kejadian dengan dewasa. Keep support your metal scene … Indonesian metal scene. Metal Indonesia ku …